Home

Selasa, 10 Januari 2012

Tulisan yang Berpengaruh

Tulisan yang berpengaruh dalam hidup saya adalah tulisan yang membahas bahwa “Tidak Ada Media yang Tidak Efektif” pada sebuah artikel di halaman Komunikasi Bisnis yang saya baca di koran. Secara garis besar artikel ini memberikan pengetahuan, informasi dan penjelasan yang mungkin belum saya ketahui seluruhnya, inti dari artkel ini yaitu bahwa dalam dunia komunikasi pasti ada hubungannya dengan media, dimana media tersebut merupakan sarana yang sangat membantu/menunjang kebutuhan kita. Dapat dilihat bahwa media saat ini sangat banyak, seperti media cetak, media elektronik dan media online.

Ada empat point yang menurut saya penting setelah membaca artikel ini, yaitu strategi-strategi perusahaan media agar bisa lebih efektif, yang pertama adalah media dapat menjangkau audience sebanyak mungkin, kedua adalah media dapat menjelaskan citra/keunggulan tentang brand value yang dimiliki, ketiga adalah media tersebut mampu memberikan informasi secara langsung dan memberikan respon yang baik, dan keempat adalah media tidak hanya dipandang murah saja tetapi pada dasarnya mempunyai tujuan yaitu tepat pada sasaran.
Penjelasan diatas tentu mempunyai pengaruh dalam hidup saya apalagi sebagai mahasiswa jurusan ilmu komunikasi untuk menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah saya peroleh. Sekarang media yang paling sering (lebih dominan) saya dan mungkin juga orang-orang gunakan adalah media online/internet, akan tetapi disamping itu minat khalayak terhadap televisi juga masih banyak, begitu juga dengan koran  dan radio yang masih bertahan dengan pelanggan setianya sejalan dengan perubahan dan perbaikan yang terus dilakukan misalnya konvergensi media. Itu membuat saya sadar bahwa disamping kemajuan teknologi yang semakin pesat, media yang sudah ada sebelumnya masih tetap bisa eksis karena mereka memang mempunyai ciri-ciri/identitas tersendiri. Seperti koran contohnya, masih ada orang yang membeli koran untuk sekedar mendapatkan informasi. Kenapa mereka masih membaca koran? Pasti ada alasan tersendiri, mungkin karena koran identik dengan pemberitaan yang aktual sehingga mengena pada pembaca, atau ada alasan lain yaitu harganya yang relatif murah. Saya sendiri meskipun lebih dominan terhadap media online juga masih melihat televisi.
Tulisan dalam artikel ini juga mengubah cara pandang saya tentang penggunaan media, buat apa kita menggunakan internet yang mempunyai banyak kelebihan apabila informasi yang didapat masih simpang siur atau belum jelas dibandingkan dengan informasi yang didapat dari media lain tetapi lebih jelas. Pengaruh lainnya, menganggap bahwa tidak ada media yang tidak efektif karena media menurut saya semuanya efektif karena menyampaikan pesan sesuai dengan skills dan awareness yang dimiliki tiap media dan kecenderungan tiap individu untuk memilih media apa yang menurutnya mampu memenuhi akan kebutuhannya dalam mendapatkan informasi atau pengetahuan. Kesimpulannya artikel ini memberikan informasi yang dapat melengkapi pengetahuan saya sebagai mahasiswa ilmu komunikasi dimana media terlibat didalamnya dan memberikan efek yang berbeda-beda pada tiap orang tergantung dari frame of reference dan field of experience yang nantinya akan diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar